Sunday 7 February 2016

[Sejarah Fandom] SHINee dan SHINee World (Shawol)

[Sejarah Fandom] SHINee dan SHINee World (Shawol)



- SHINee -


Debut pada 25 Mei 2008 dengan lagu pertama mereka yaitu Noona you’re so pretty (Replay)
Awalnya SHINee merupakan project rahasia dari SM Entertainment. Kelima personil didapat melalui cara audisi yang berbeda-beda. Onew ditemukan saat akademi casting SM menggelar audisi pada 2006, Jonghyun ditemukan saat mengikuti audisi dengan teman-teman bandnya disekolah tahun 2005, Key ditemukan saat National Tour Audition Casting SM Ent tahun 2005, Taemin ditemukan saat audisi terbuka SM tahun 2005, sedangkan Minho justru mendapat tawaran langsung mengikuti kasting saat staff bertemu dengannya tahun 2006.
Nama SHINee sendiri berasal dari kata ‘shine’ yang berarti cahaya. Kata SHINee merupakan kombinasi dari bahasa Inggris "bersinar" dan akhiran "ee", dan diucapkan sebagai "Shiny". Kombinasi tersebut secara harfiah berarti "orang yang menerima cahaya". Namun melalui waktu, penggemar dan orang-orang menyebut nama maknanya sebagai "Mereka yang Bersinar".
Tujuan dibentuknya mereka adalah sebagai band kontemporer yaitu menjadi trendsetter dalam semua bidang musik, fashion, tari, dll. Berbeda dengan idol grup lain bentukan SM.
- SHINee World -
"SHINee World" nama itu diberikan pada hari ke-100 SHINee debut, hari yang sangat berarti untuk setiap kelompok. Namun, pada saat mereka mengumumkan nama tersebut, ada banyak orang merasa asing terhadap nama itu. Alasannya karena pada waktu itu, ada banyak kelompok-kelompok yang memiliki begitu banyak nama yang lebih berarti dan indah serta terdengar sangat "cantik" dan kenapa SHINee datang dengan nama 'normal dan kekanak-kanakan', hanya karena beberapa kata.
Tapi kemudian, Onew menulis sebuah postingan di situs resmi mereka, menjelaskan alasan mereka memilih nama itu, bukan hanya karena memiliki kata "SHINee" dan nama album pertama mereka didalamnya, tetapi juga karena mereka ingin memiliki fanclub yang selalu ada untuk mereka kapan saja, selalu support mereka kapan saja, selalu berada di sekitar mereka, dan SHINee selalu berada di sekitar mereka. Itu sebabnya nama SHINee World datang. Mereka ingin memiliki 'dunia' dengan orang-orang yang mendukung dan mencintai satu sama lain, selalu bersama-sama hingga selamanya. Setelah itu, para fans mulai lebih dekat dan kuat, melalui banyak kesulitan dan kebahagiaan. Bahkan SHINee World akhirnya sering disebutkan sebagai fandom yang kuat dan amat santun di Korea.

- Warna fandom -

Awalnya warna mereka adalah Pearlescent blue, tapi untuk beberapa alasan mereka berubah ke Pearl Aqua Green. Tidak banyak perbedaan tapi saat ini warna mereka lebih Glowing dan itu sangat unik, tidak sekuat beberapa kelompok lain tetapi karakteristik di setiap acara SHINee World selalu terlihat mencolok. Tidak perlu menjadi istimewa atau fanclub kuat tetapi ketika orang melihat, mereka tahu bahwa cahaya indah itu adalah para penggemar SHINee.
Hubungan SHINee dan SHINee World sangatlah kuat, setiap acara setiap penghargaan setiap penampilan SHINee selalu menyebut nama SHAWOL. Bahkan Onew pernah mengatakan bahwa,
“Langit tak akan terlihat indah jika warna SHAWOL tidak bersinar”
SHINee selalu bangga dengan SHINee World
Dan SHINee World selalu bangga dengan SHINee
-----------------
Source: fyshineehq.tumblr.com/aboutshinee
Indo trans and re write: HELLO SHINee

Artikel Terkait

[Sejarah Fandom] SHINee dan SHINee World (Shawol)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email